1Apa itu TRACK SDGs?
Sebuah platform digital bagi aktor pembangunan yang ingin menyebarluaskan capaian dan praktik baik yang didapatkannya selama menjalankan program-program pembangunan yang berkontribusi terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia.
2Apa itu SDGs?
SDGs merupakan tujuan pembangunan global yang disepakati oleh 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke dalam 17 tujuan dan 169 target, berlaku sejak tahun 2015 hingga tahun 2030. Terbitnya Peraturan Presiden No. 59 Tahun 2017 menjadi salah satu bukti komitmen Indonesia dalam pelaksanaan SDGs. Sebanyak 94 dari 169 target SDGs sudah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Informasi selengkapnya terkait tujuan dan target SDGs dapat dibaca di https://sustainabledevelopment.un.org/.
3Siapa saja yang bisa bergabung di TRACK SDGs?
Seluruh aktor pembangunan yang tergabung di dalam sebuah organisasi bisa mewakili organisasinya mendaftar di platform ini. Civil Society Organization (CSO) baik yang berbentuk yayasan atau perkumpulan; Sektor Bisnis; Organisasi Bilateral dan Multilateral; Institusi Akademis; Asosiasi Media dan Media bisa mendaftar dan menggunakan seluruh fitur platform ini.
4Apa keuntungan bergabung bersama TRACK SDGs?
Aktor pembangunan bisa memanfaatkan platform ini untuk menyebarluaskan capaian program dan praktik baik yang dilakukannya. Tim TRACK SDGs akan menyampaikan database capaian dan praktik baik tersebut kepada pemerintah, sektor bisnis, dan media melalui pertemuan rutin secara berkala dengan stakeholder tersebut.
5Bagaimana keamanan data di platform TRACK SDGs?
Seluruh informasi yang diminta untuk diisi merupakan informasi publik berdasarkan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Data sensitif seperti kontak tidak akan ditampilkan tanpa persetujuan perwakilan organisasi yang mendaftar.
6Apa yang harus dilakukan apabila ada fitur di dalam platform yang tidak berfungsi dengan baik?
Sampaikan keluhan dan saran Anda melalui email ke sdgs@cisdi.org. Segala feedback dari pengguna akan sangat bermanfaat bagi pengembangan platform ke depannya.
7Apa itu Kelas SDGs?
Kelas SDGs adalah collaborative event untuk mempertemukan pengguna aktif platform TRACK SDGs. Selain untuk memperluas jaringan, Kelas SDGs bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait kolaborasi SDGs dan bagaimana memperkuat inisiatif yang dilakukan oleh aktor-aktor pembangunan.
8Siapa pengelola TRACK SDGs?
TRACK SDGs merupakan inisiatif yang dikembangkan oleh OXFAM, Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI), dan SINERGANTARA pada 2018 dengan dukungan dari European Union (EU) dan Kementerian Sosial. Sejak tahun 2019, platform ini dikelola oleh CISDI dan OXFAM.
Masuk